Home > Love > Menghibur Orang Lain

Menghibur Orang Lain

November 19, 2009 Leave a comment Go to comments

Pernah merasa sedih karena sebuah kejadian dan membaginya dengan orang terdekat? atau pernahkah kita menjadi tempat berbagi kesedihan dari teman terdekat kita? sebagian besar kita akan menjawab “pernah” baik pertanyaan pertama maupun yang kedua. Kira-kira apakah tujuan kita menceritakan kesedihan kita? atau apakah yang kita lakukan saat kita dijadikan tempat mencurahkan kesedihan teman kita? tulisan ini bertujuan untuk membahas sedikit mengenai hal tersebut terutama berkaitan dengan apa yang harus kita lakukan bila teman kita sedang sedih. namun juga dilihat dari sudut pandang bila kita yang mengalami kesedihan tersebut. emang apa yang harus kita lakukan apabila teman kita sedang sedih dan meminta kita jadi tempat curhatnya? ini beberapa hal yang bisa dilakukan. bukan berarti harus “saklek”( jadi inget seseorang jika denger kata ini ehm..), karena semua ini hanya hasil ijtihad penulis saja. memang sebisa mungkin tetap mengedepankan objektifitas. akan tetapi bisa ditambah atau dikurangi. okey kita langsung saja.

1. tunjukkan bahwa kita juga merasakan kesedihan itu
meskipun tujuan teman kita menceritakan kesedihannya bukan untuk membuat kita sedih, akan tetapi jika kita menanggapinya dengan wajah ceria apalagi dengan canda tawa maka akan membuat dia menjadi semakin sedih. Karena dia akan merasa bahwa dia harus sendirian menanggung beban ini dan tak ada seorangpun yang peduli. Untuk itu tunjukkan bahwa kita bisa ikut merasakan kesedihannya, meski hanya dengan menunjukkan wajah yang tenang namun cukup menggambarkan bahwa kita juga merasakan kesedihannya. Jangan juga kita jadi over ekspresif dengan berkata seperti ” oh my god!!!” dengan disertai teriakan yang histeris sambil menangis tersedu-sedu. Ini justru akan terlihat lebih kepada ejekan daripada solidaritas. intinya yang wajar-wajar saja. biasa mawon gitu loh….

2. dengarkan semua ceritanya dulu secara lengkap
orang yang curhat kepada kita sebenarnya bukan orang yang ingin berdiskusi dengan kita tetapi hanya ingin berbagi cerita. oleh karena itu sebaiknya kita juga bisa menempatkan diri dengan benar. kita harus mendengarkan semua ceritanya dengan lengkap. sebagai tambahan bahwa dia dalam situasi seperti ini hanya ingin bercerita dan menginginkan kita mendengarkannya saja. dan jarang dia mempedulikan apakah kita akan menanggapinya dengan nasehat-nasehat atau tidak. Intinya dia hanya ingin berbagi cerita dan ada yang mendengarnya. Jadi janganlah kita terlalu banyak bicara apalagi sampai memotong ceritanya.

3.berikanlah tanggapan seperlunya saja dan tepat
meskipun dalam banyak hal dia hanya ingin bercerita saja, namun adakalanya dia menginginkan tanggapan kita. akan tetapi sayang, seringkali banyak tanggapan yang justru membuat dia makin sedih. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai memberikan tanggapan. beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

a. jangan menganggap masalahnya ringan

biasanya untuk menenangkan dia, kita sering mengatakan ” ah gak usah dipikirin, cuman masalah segitu saja”. emang sih tujuan kita agar dia memandang bahwa masalah itu mudah diselesaikan karena bukan masalah besar. akan tetapi jika kita melakukannya saya katakan itu KESALAHAN BESAR. kenapa? karena dengan demikian kita tak mempedulikannya, menganggap segala yang berkaitan dengannya kecil dan tidak penting. Jika kita melakukan hal ini yakinlah bahwa kata-kata kita selanjutnya tidak akan dia dengar. orang yang sedang sedih memang tidak menuntut agar masalah itu dibesar-besarkan, namun bukan berarti harus dianggap enteng. jadi secara wajar saja.

b. jangan menanggapi dengan menceritakan hal yang lebih sedih.

kebanyakan kita akan melakukan hal ini, karena berharap bila kita menceritakan hal yang lebih sedih maka dia akan terhibur karena ada yang lebih menyedihkan. Dan ini pun juga sebuah kesalahan. sekali lagi orang yang sedih hanya ingin didengar dan dia menganggap bahwa masalah ini adalah masalah terbesarnya saat ini. bukanlah hal bijak menceritakan hal yang lebih sedih, apalagi malah menceritakan diri kita. SO tak ada gunanya kita melakukan hal tersebut. Misalnya saja kita mengatakan ” oh kemaren si anu malah lebih parah lagi. bla..bla..bla…” orang yang sedang merasa sedih akan bersikap masa bodoh terhadap cerita seperti itu, biarpun diceritain tentang banjir di solo yang mana penduduknya menderita sekalipun dia gak akan merespon.

c. jangan menyalahkannya atau bertanya tentang kejadiannya

mungkin pernah kita berkata ” lha kemaren gimana to kok bisa kejadian kayak gitu?…” atau yang semisalnya. orang yang sedih tidak ingin disalahkan, meskipun sebenarnya sebagiandia bersalah. yakinlah, dalam hatinya dia sudah merasa bersalah, so jangan ditambah rasa bersalahnya. meski dia juga belum tentu menginginkan bahwa apa yang dia lakukan dianggap benar.

d. berikan tanggapan dan masukan yang positif

terakhir berikanlah tanggapan dan masukan yang positif, dimana dia tidak merasa disalahkan, namun juga bisa menerima keadaan sekarang ini dengan ikhlas. kemudian biarkan dia menentukan sendiri langkah yang akan diambil. dan juga jangan lupa untuk menanyakan keadaannya pada lain waktu. Hal ini berguna untuk mengetahui perkembangan dirinya, sehingga dia merasa bahwa dia benar-benar diperhatikan sehingga kalaupun rasa kesedihan itu belum hilang sepenuhnya, setidaknya dia tahu bahwa akan ada seseorang yang siap membantu.

itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan. sekali lagi bahwa ini tidak harus saklek, kita juga harus melihat situasi dan kondisi yang ada, karena akan ada kejadian yang kasuistik. SO jangan pernah berhenti untuk belajar memahami orang lain.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: