Home > Zzz > Regenerasi

Regenerasi

November 19, 2009 Leave a comment Go to comments

Perbaikan merupakan proses perubahan dari suatu keadaan menjadi keadaan lain yang kedudukannya lebih baik dari sebelumnya. Perbaikan dapat melibatkan hanya satu generasi maupun beberapa generasi untuk perbaikan jangka panjang. Perbaikan yang melibatkan beberpa generasi biasa disebut Regenerasi.

Regenerasi bertujuan untuk menghasilkan ( membentuk ) generasi baru yang mempunyai kemampuan dan keadaan yang minimal sama dengan generasi yang ada, bahkan diharapkan mampu menjadi lebih baik dari generasi yang ada.

Regenerasi bukan sebuah proyek jangka pendek yang hasilnya dapat dinikmati saat itu juga. Akan tetapi regenerasi merupakan sebuah proyek besar yang harus selalu diusahakan dengan sungguh-sungguh dalam jangka panjang. Regenerasi merupakan tolok ukur dari kualitas generasi sebelumnya. Ketika generasi yang terbentuk kualitasnya lebih rendah maka dapat dikatakan bahwa proses regenerasinya buruk atau bahkan bisa dibilang gagal.

Regenerasi dikatakan berhasil jika :
1.kualitas generasi yang dihasilkan lebih baik dari sebelumnya
2.generasi yang dihasilkan pada akhirnya juga mampu menghasilkan generasi lagi yang juga lebih baik.
Secara mudahnya regenerasi ’seharusnya’ merupakan proses perbaikan secara terus menerus antar generasi.

Regenerasi sebagai sebuah proyek besar dan dalam jangka waktu yang panjang memerlukan beberapa hal yang harus dimiliki antara lain:
1.Niat yang lurus
Niat yang lurus merupakan kunci utama dari sebuah pekerjaan. Tanpa niat yang benar, sebuah tujuan tak dapat tercapai sesuai harapan. Selain itu niat yang lurus akan menjadi jalan menuju kesuksesan dan tidak akan menyimpang dari tujuan semula. Termasuk dalam rangkaian niat adalah ikhlas. Ikhlas dalam melaksanakan semua kewajiban dan konsekuensi yang ada.

2.Kesungguhan
Setiap pekerjaan tak akan mencapai hasilnya tanpa kesungguhan. Apapun itu. Kalaupun ada itu hanyalah sebuah kebetulan. Kesungguhan akan selalu dibutuhkan apalagi untuk sebuah proyek besar regenerasi.

3.Ketangguhan
Selain kesungguhan hal yang juga penting adalah Ketangguhan. Ketangguhan dalam menghadapi rintangan, hambatan, gangguan dan halangan. Banyak contoh betapa ketika seseorang atau sebuah lembaga tidak mempunyai ketangguhan pada akhirnya akan menyerah di tengah jalan.

4.Keyakinan
Ada yang bilang hidup adalah kumpulan-kumpulan keyakinan. Tanpa keyakinan kita bagaikan menyebrang jurang tanpa jembatan, tanpa alat.

5.KePasrahan
Kepasrahan disini bukan pada kepasrahan dalam menghadapi persolan kemudian pasrah menyerah. Akan tetapi kepasrahan kepada Alloh Yang Maha Kuasa yang berkuasa menentukan segalanya. Berdoa di setiap saat memohon pertolongan-Nya dan pasrahkan semua hasilnya hanya pada-Nya.

Regenerasi akan selalu terjadi, akan tetapi Perbaikan pada setiap pergantian generasi adalah sebuah pilihan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: