Home > Tuts > penyakit tidur larut malam / dini hari

penyakit tidur larut malam / dini hari

November 24, 2009 Leave a comment Go to comments

Penyakit karena sering tidak tidur malam antara laen sebagai berikut :

* ringan : mood sering berubah, nafsu makan berkurang, cemas, depresi, kegemukan pada anak dan praremaja, kekurangan berat badan pada dewasa

* kronis : kanker hati, kanker prostat, kanker payudara, paru paru, kelenjar getah bening, peradangan pada wanita, stres, tumor pada hewan, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), diabetes, tekanan darah.

Fakta :

* Semua hal diatas disebabkan daya tahan tubuh menurun karena tidak sehatnya jam tidur, tidur dini hari, dan makanan yang tidak memenuhi standar gizi. Mengurangi tidur 1 jam saja tubuh memerlukan pemulihan selama 1 hari, aktifitas hingga dini hari memicu kanker karena cahaya lampu mengandung faktor penyebab kanker.

Opini dan mitos yang berkembang :

* Orang sukses tidur dini hari, tidak tidur malam
* Keren jika bisa nongkrong ama temen temen malam malam
* Tidur ndak masalah pagi apa sore
* Tidak bermasalah bila tidak melek ampe pagi di dalam rumah
* Sekarang jamannya kalong (bangga banget bila ada yang nyebut kalong) “dasar edan”

Opiniku :

* Tidur yang normal aja, malam tidur tapi bangun pagi memulai aktifitas (meski aku masih sering melek malam)
* Jangan pernah bangga menjadi anak malam karena aku udah bosan – wes tau – itu dulu (maen musik di tempat hiburan malam bau rokok ama alkohol dan dikerjain secara continue, nongkrong di jalan sambil ngopi liatin kendaraan, naek sepeda motor malam malam, maen online / offline game ampe pagi ampe lupa makan ama minum, kumpul bareng temen temen di batu berangkat dari rumah jam 8 makan terus jagung ampe jam 3 pagi ama rokoan sebungkus semalem dan dilakuin setiap berapa hari sekali – mati aja wes kalo gitu, ngerjain coding ndak tidur dari malam ampe 3 malam lagi terus cerita cerita ke temen kuliah🙂 – namanya dodol bangetz)
* Islam tuh baek banget (sholat isya-aktifitas-tidur-sholat tahajud-tidur-sholat subuh-aktifitas)
* Aku nulis artikel ini ampe jam 5 pagi dari jam 2 an (artikel seng ditulis belum tak diterapin sepenuhnya, hehehehehe, masih banyak dosa ama yang bikin melek).
* Hari ini aku masih masih tidur dini hari, hanya sabtu doang karena libur. Mungkin minggu depan aku memikirkan lagi jam tidurku biar aku tak “tidur dengan mata terbuka lagi / sleep with my eyes open”, pasti kuusahakan.
* Olah raga dan makan makanan bergizi supaya tembem / lemu.
* On Vacation ndak masalah yang penting jaga kondisi dan tidak sering sering.

Tidur sehat :

* anak anak dan remaja 10 sampai 11 jam sedangkan dewasa 8 jam sehari, tidur tidak lewat tengah malam, bangun lebih awal.

  1. butoh
    September 26, 2010 at 1:55 am

    lancau

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: